Saturday, March 31, 2007

Pasukan Ethiopia dipukul mundur di Mogadishu

Pasukan elit Ethiopia mendapat pukulan hebat pada hari Kamis dan Jumat 29-30 Maret lalu, serangan gencar yang yang dilakukan kelompok perlawanan Islam Somalia memaksa mereka menyingkir dari basis2 pertahanannya di sekitar istana president dan bandara udara, mereka melarikan diri dan berlindung di stadion dan melawatkan malam disana di bawah hujan peluru kelompok pejuang.

Pertempuran terjadi mulai pukul 6.30 pagi ketika sekitar 3500 pasukan Etophia di dukung tank dan Helikopter melancarkan serangan pada 6 wilayah yang diduduki pejuang. Namun serangan balasan yang tak terduga membuat pasukan kepanjangan tangan Amerika di Somalia ini mundur dari posisi-posisi yang dikuasai sebelumnya. Akibatnya 4 buah tank dan 2 kendaraan pengangkut terbakar serta sebuah helikopter jatuh akibat tembakan RPG di distrik Madina. Sementara 1 helikopter yang lain terhantam roket tepat di depan kamera wartawan reuters dan jatuh terbakar di Bandara Internasional Mogadishu.

Sekitar 10.000 penduduk kota mengungsi dalam dua hari ini akibat perang seporadis dan tembakan-tembakan tank pasukan Etophia ke wilayah-wilayah pemukiman. Sementara banyak anak-anak muda mengenakan pakaian perlawanan Islam - dengan kendaraan 4x4 berbelok-belok di wilayah kota menyeret mayat-mayat pasukan elit ethiopia. Foto-foto dan cuplikan videonya dapat dilihat di link berikut: http://www.halgan.net/Mp3/dagaal.wmv atau di http://www.halgan.net

No comments: