Sunday, March 4, 2007

ragam berita dari Afganistan 1-3 maret..

Bukan kali pertama tentara amerika yang panik karena serangan mendadak menjadi paranoid dan menembaki penduduk sipil. Tanggal 3 Maret jam 09:00 pagi di jalan raya Jalalabad-Toarkham provinsi Nangrahar. Setelah diserang ledakan bom mobil dan tembakan dari pejuang, tentara amerika mengeluarkan tembakan balasan membabi buta. Sekitar 16 warga sipil tak bersenjata tewas di tempat. Termasuk yang telah menghidar dari jalan raya atau menghindari arah kejadian. Kejadian ini biasanya dipicu oleh banyaknya jumlah tentara amerika yang tewas oleh serangan tersebut. Beberapa media besar seperti AFP dan Aljazeera yang meliput paska kejadian menyebutkan, ratusan masa ngamuk atas keberutalan ini dan memblokir jalan seraya meneriakan mati Amerika, Mati Karzai !!!

Dua hari sebelumnya terjadi ledakan bom di depan kantor pemerintahan Farah di provinsi Farah, ledakan yang menewaskan beberapa warga sipil itu bukan dilakukan oleh Taliban, seperti yang diucapkan juru bicara pejuang Taliban: bahwa serangan pejuang Taliban tidak menargetkan penduduk sipil melainkan tentara pendudukan.

Memang akhir2 ini Taliban telah bangkit kembali di Timur dan Selatan Afganistan, seraya menawarkan janji keamaman bagi warga sipil.

No comments: