Saturday, March 10, 2007

kehilangan salah satu sumber berita

Salah satu situs yang menjadi acuan berita ini.www.alemarah.org yang berbasis di Kabul kini menghilang dari jagat maya. Situs berita yang menyorot setiap kejadian dari sisi Taliban ditutup secara paksa beberapa hari lalu karena dianggap sebagai media propaganda musuh. Ini kejadian ke puluhan kalinya situs2 yang memberitakan pertempuran dari sisi mujahidin ditutup pihak2 yang tidak ingin pertempuran di lapangan diliput secara luas kepada publik.

Berdasarkan pengalaman (dari ditutupnya situs www.azzam.com dan www.khurasaan.net) biasanya pemerintah dan militer Amerika akan membiarkan situs2 semacam itu hidup untuk beberapa saat. Dengan harapan dapat menggali informasi dari pihak lawan melalui situs tersebut, misalkan saja komandan medan tempur dan posisi lawan sebelum akhirnya dipaksa tutup.

Ketika seorang wartawan sebuah tv Italia yang menjadi agent amerika ditangkap taliban akhir february lalu, pihak amerika mendesak Taliban untuk membebaskan namun berdasarkan banyak kejadian pihak taliban menolaknya dengan alasan: kenapa mereka harus membebaskannya sementara pasukan Amerika banyak menahan wartawan dari pihak Taliban

No comments: