Wednesday, April 4, 2007

berbagai operasi militer oleh taliban


Awal bulan April sebuah statement dikeluarkan oleh - komandan militer Taliban front Timur dan Selatan - Mullah Daadulah, yang mengatakan bahwa ribuan pejuang dan pasukan pembawa bom telah memasuki seluruh wilayah Afghanistan. Mereka telah siap menunggu perintah untuk melakukan penyerangan terhadap pasukan-pasukan pendudukan dari Amerika dan Nato. Selain itu Mullah Daadulah yang menghubungi sebuah media di pakistan dengan telpon satelit mengatakan bahwa - Pasukan mujahidin dan pejuang taliban telah siap dengan senjata dan amunisi untuk perang jangka panjang.

Sementara itu tanggal 2 April telah dilakukan beberapa operasi militer, yaitu di n Nalgham area distrik Zhari, provinsi Kandahar, serangan roket dan mortar juga dilakukan di distrik Arghandab, provinsi Zabul . Sementara di wilayah Wardak, pejuang Islam Emirat afghanistan berhasil membunuh kepala intelejen wilayah tersebut - Saranwal Zalmi, kerena menjadi mata-mata dengan memberi keterangan pada pasukan pendudukan amrika tentang basis militer taliban di Seadabad provinsi Wardak.

Sementara itu tentara pemerintah pakistan mengerahkan sekitar 8000 pasukan ke wilayah Wana untuk membantu milisi pemerintah dan pasukan bayaran yang dipimpin oleh Mullah Nazir menghadapi pejuang asing dari Uzbekistan, Chechnya dan Arab. Bentrokan yang menewaskan hampir 200 orang itu akhirnya dapat dihentikan atas campur tangan pemimpin Taliban di pengasingan dan beberapa tokoh lokal Waziristan. Namun hingga kini milisi bayaran ini kerap mengncam warga untuk tidak membantu pejuang lintas negara atau mereka akan kehilangan rumah akibat pembakaran-pembakaran.

No comments: