Friday, April 6, 2007

Dua distrik lagi berhasil dikuasai Taliban

Serangan awal musim panas yang dilancarkan Taliban dan para Mujahidin berhasil mengusir tentara bayaran Afghanistan dan pasukan Nato yang dipimpin Inggris di kota Sangin provinsi Helmand seperti yang dilansir oleh BBC dalam percakapannya dengan Gubenur Helmand.

Sementara pasukan Nato sibuk untuk merebut kembali kota Sangin. Distrik Khake dan kantor pemerintahan lokal di Provinsi Zabul berhasil dikuasai Taliban. Tentara yang menjaga kantor pemerintahan tersebut melarikan diri dalam pertempuran, dan mencari perlindungan dibalik pasukan Nato. Di ibu kota Kabul sendiri ledakan bom mobil di pos pemeriksaan dekat kantor parlemen mengakibatkan para penjaga dan milisi bayaran tewas.

Di tempat terpisah, Presiden boneka Afghanistan Hamid Kharzai mengulangi pernyataannya untuk melakukan dialog dengan pemimpin Taliban Mullah Mohamad Umar dan veteran perang yang legendaris Gulbudin Hekmatyar. Presiden yang kebijakannya tak lepas dari campur tangan Amerika ini melihat bahwa tidak ada kemungkinan untuk melawan Taliban kecuali dengan berdialog.

Sementara juru bicara Taliban Zabiullah Mujaheed di tempat terpisah mengatakan bahwa tak mungkin berdialog dengan pemimpin yang hanya sebagai simbol dan tak mempunyai wewenang apapun tanpa campur tangan Amerika. Sedang untuk berbicara dengan Amerika tak akan dilakukan sebelum negara penjajah itu keluar dari Afghanistan.

No comments: