Thursday, February 22, 2007

Taliban Menguasai Propinsi Helmand (Feb 22-07)

Ini bukan sekedar statement, tetapi fakta yang diucapkan, difoto dan difilmkan oleh reporter Al-jazeera - James Bays di Propinsi Helmand. Dalam dua hari tour keliling Helmand - Selatan Afganistan ia menyaksikan Taliban dengan senjata lengkap keliling kota. Mereka juga mengoperasikan klinik dan madrasah termasuk patroli wilayah dengan kendaraan bersenjata. Pemandangan ini sekaligus membantah klaim dari pasukan nato bahwa mereka telah menghancurkan basis taliban di Helmand.

Pasukan Taliban sebaliknya malah menertawakan pasukan Inggris yang menurutnya - "ketakutan" bahkan tidak berani keluar dari basis mereka. Seperti yang diucapkan komandan wilayah saat membawa reporter ke wilayah2 yang dikuasai mereka. Tapi merekapun mengakui bahwa pasukan Nato berjaya di Udara, sementara di darat Talibanlah yang berkuasa di sebagian besar wilayah katanya.

Menurut reporter Al-Jazeera mereka sengaja memperlihatkan sekitar 400 pasukan Taliban yang siap bertempur di wilayah tersebut, juga terlihat banyak anak-anak ikut memanggul senjata. Reporter tersebut juga diajak melihat bekas pemboman tentara Nato serta mayat mata-mata Amerika yang di gantung. Dikatakan juga bahwa Taliban sebentar lagi akan memiliki senjata anti serangan udara.. Lebih jelasnya baca url dibawah ini:
http://english.aljazeera.net/NR/exeres/B27A5D56-0E55-4EAA-8B88-F523D18D15F5.htm

No comments: