Wednesday, February 21, 2007

Dua berita dari Afghanistan 20-21 Feb07

Dalam dua hari belakangan ada dua berita menarik tentang perang di Afghanistan. Berita tersebut patut dianalisa lebih lanjut. Pertama mengenai statement dari pengamat dan intelejen Amerika yang menyatakan bahwa Al-qaeda dan Taliban makin kuat (telah pulih) dan rantai komandopun bisa berjalan semestinya. Mereka membangun beberapa kamp pelatihan di daerah Wajiristan, perbatasan Afghanistan dan Pakistan.

Kamp-kamp pelatihan ini mirip seperti yang mereka pergunakan saat mengusir pendudukan Uni Soviet dua dekade yang lalu. Cuma saja kamp-kamp pelatihan ini lebih kecil untuk 10-20 orang tapi dengan jumlah yang lumayan banyak. (tak ada bantahan dari pihak Taliban tentang statement tersebut, hanya pemerintah Pakistan yang menyangkal keberadaannya)

Hari ini muncul dalam siaran Al-Jazeera salah seorang komandan perang Taliban, Mulah Daadulah yang menyatakan sekitar 6000 pejuangnya siap melancarkan serangan pada musim semi ini. Jumlah tersebut dinyatakan akan makin membesar selama diperlukan. Pernyataan ini muncul beberapa saat setelah Taliban mampu menguasai dua distrik yaitu Musa Qala dan Bakwa di Selatan Afghanistan.

No comments: