Tuesday, February 27, 2007

Serangan telak di jantung pertahanan AS

Tanggal 27 Februari pagi: Pusat komando pasukan Koalisi Amerika, Australia dan Eropa di bekas pangkalan udara Bagram di serang bom "pintar" yang dibawa seorang pejuang Taliban. Tanpa basa-basi kurir bom meledakan bomnya yang disembunyikan di bawah lorry di antara pos penjagaan di jantung pertahanan pasukan Amerika dan Koalisi. Menurut gubenur distrik - Bagir Ahmad, Paling tidak 23 orang tewas dan puluhan terluka, termasuk yang tewas adalah prajurit Amerika, tentara Korea seorang kontraktor mata-mata kebangsaan Amerika.

Juru bicara Taliban Qari Yusuf Ahmadi mengatakan serangan ditujukan pada wakil presiden AS Dick Cheney yang memang sedang berada di lokasi kejadian.. juru bicara kementerian dalam negeri Zamaray Bashari, membenarkan serangan tersebut. Sementara Juru bicara tentara As mengatakan sesaat setelah ledakan Cheney langsung diungsikan ke bungker untuk sementara waktu sampai keadaan aman kembali.

Saat ini ada sekitar 27.000 pasukan Amerika dari sekitar 40.000 pasukan asing di Afganistan dimana sekitar 5000 lebih berada di pangkalan Bagram.

No comments: